Oleh: Elbert Bandau | 2 Oktober 2011

Pentas Bintang Wita Mori 2011

Satu event dalam bidang Seni dan Budaya digelar di Wita Mori yang memang sudah lama didamba-dambakan oleh masyarakat daerah Mori khususnya dan masyarakat Kabupaten Morowali pada umumnya. Event yang diberi nama PENTAS BINTANG WITA MORI dengan Tema “Budaya Dalam Karya dan Prestasi ini dimulai sejak tanggal 27 September – 1 Oktober 2011 dipusatkan di Gedung Morokoa Kolonodale Kecamatan Petasia Kabupaten Morowali. Ada beberapa kategori perlombaan yang digelar, yaitu : Lomba Nyanyi Solo Pop Mori, Lomba Cipta Lagu Pop Mori, Pemilihan Ede dan Ele Wita Mori 2011, dan Lomba Dero Kreasi se-Wita Mori.
Dibuka secara resmi yang ditandai dengan pemukulan Padengko oleh Bapak S. U. Marunduh, M.Hum (Wakil Bupati Morowali), yang dalam sambutannya mengatakan “event seperti ini jangan hanya digelar kali ini saja, tahun-tahun kedepan semoga bisa berlanjut, mungkin bisa dilaksanakan Festival Teluk Tomori yang didalamnya sudah termasuk beberapa kegiatan yang dilaksanakan saat ini.”


Pentas Bintang Wita Mori ini disponsori oleh CV. OP EVENT (perusahaan yang bergerak dibidang Event Management & Talent Management) pimpinan Bpk. Oscar Lalundo (Project Manager dalam Kepanitaan Pentas Bintang Wita Mori), sekaligus sebagai pencetus pelaksanaan kegiatan ini bersama Bpk. Alfred Tompira, S.Pd (sebagai Technis Consultant dalam kepanitiaan), yang didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Kabupaten Morowali dan Pemerintah Kecamatan Petasia, bersama beberapa Kecamatan yang ada diwilayah Wita Mori (Kecamatan Petasia Timur, Kecamatan Lembo, Kecamatan Lembo Raya, Kecamatan Mori Atas dan Kecamatan Mori Utara).
SUKSES…..itulah kesan dari kegiatan Pentas Bintang Wita Mori ini, yang dibuktikan dengan begitu antusiasnya masyarakat Wita Mori mengikuti kegiatan ini. Lomba Nyanyi Solo Pop Mori diikuti oleh 42 peserta, Lomba Cipta Lagu Pop Mori diikuti oleh 3 peserta dengan 11 lagu ciptaan baru, Lomba Ede – Ele Wita Mori diikuti oleh 32 peserta, dan Lomba Dero Kreasi se-Wita Mori diikuti oleh 5 Grup. Setelah mengikuti beberapa rangkaian sesi lomba, maka terciptalah bintang-bintang baru Wita Mori, yaitu : 4 Orang Penyanyi Pop Wita Mori, 1 Pasang Ede dan Ele terbaik, 10 Lagu Ciptaan Baru Pop Mori, 1 Grup Dero Kreasi.
Dalam rencana selanjutnya, dibawah naungan CV. OP EVENT, 10 lagu ciptaan baru Pop Mori akan melalui proses rekaman Album Pop Mori Vol. 2, dinyanyikan oleh 4 orang penyanyi terbaik tersebut, dan dalam pembuatan video klip melibatkan Pasangan Ede-Ele dan Grup Terbaik Dero Kreasi. Pembuatan video klip ini juga nantinya akan menampilkan Keindahan Alam di Tanah Mori sebagai salah satu bentuk promosi wisata alam daerah Mori.

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini tidak lain adalah untuk menggali dan mengembangkan potensi seni dan budaya yang ada di Wita Mori, dimana hal ini tentunya akan ikut mensukseskan Pembangunan Kabupaten Morowali seperti yang termuat dalam 5 Grand Strategy Kabupaten Morowali.
Disadari bahwa pengembangan potensi seni di Wita Mori sangatlah kurang mendapat perhatian selama ini baik oleh Pemerintah maupun masyarakat Wita Mori sendiri. Hal ini dibuktikan dengan kurangnya perbendaharaan lagu-lagu daerah Mori, dimana selama ini yang kita kenal barulah satu Album Pop Mori beredar di masyarakat yaitu Album Pop Mori Vol. 1 yang diproduksi pada Tahun 1995.
Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kepada generasi muda Wita Mori agar lebih giat berkarya, mengembangkan bakat serta potensi yang ada, mencintai karya seni Wita Mori serta memperkenalkan kepada masyarakat luas dimanapun kita berada.
Dengan kegiatan ini juga tentunya masyarakat Wita Mori terus berharap bahwa Pemerintah Kabupaten Morowali akan berupaya bahkan memasukkan kedalam program prioritas Kabupaten Morowali kedepan untuk melanjutkan pengembangan Seni dan Budaya Wita Mori seperti apa yang telah diungkapkan oleh Bapak Wakil Bupati Morowali dalam sambutannya, yaitu Festival Teluk Tomori. Sebaliknya, bagi masyarakat Wita Mori sendiri haruslah lebih pro aktif, jangan hanya menunggu apa yang akan diprogramkan oleh Pemerintah, tetapi marilah mulai sekarang kita berupaya untuk menggali potensi yang ada, mengembangkan bakat yang ada, membuat event-event yang tujuannya untuk pengembangan seni dan budaya. Kita harus memulai dari diri sendiri, melestarikan keindahan serta kekayaan alam yang ada, sehingga Pemerintah akan termotivasi untuk mengembangkan Seni dan Budaya yang sekaligus berpengaruh pada Wisata Tanah Mori yang penuh dengan keanekaragaman.
Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan memulai. Jangan menunggu anak cucu kita yang akan memulai, tetapi biarlah anak cucu kita yang akan menikmati hasil dari jerih payah kita.

Salam “TEPE ASA MOROSO”

Foto-Foto Pentas Bintang Wita Mori :

Babak Penyisihan Ede – Ele Wita Mori 2011

Babak Penyisihan Ede – Ele Wita Mori 2011

(Ede dan Ele Wita Mori 2011)

(Sanggar Seni Malawulu Bunta)

(Grup Dero Kelurahan Bahontula – Juara 2)

(Grup Dero Kelurahan Bahontula)

(Juara 1 Lomba Dero Kreasi dari Kel. Bahoue)

(Juara Favorit Lomba Dero Kreasi dari Bhayangkari Polres Morowali)

(Lomba Cipta Lagu Pop Mori)

(Juri bersama Pemenang Lomba Solo dan Cipta Lagu)

(Pemenang Lomba Cipta Lagu dan Lomba Solo)


Responses

  1. […] langsung oleh Manajer CV. OP EVEN (Bpk. Oscar Lalundo) ini sebagai kelanjutan dari kegiatan Pentas Bintang Wita Mori 2011, dengan satu target utama yaitu merilis Album Pop Mori Volume 2 yang merupakan produk asli mia mori […]

  2. ok…

  3. ciyee… yang punya blog dapa piala juga dang.. hehehehe..

    btw yg memang ede ele siapa om?

    • hehehe iyo le, ada juga yg bisa dipajang diatas bowet….
      yg dapat “ede” Wandri Rakke dari kodal, yg dapat “ele” Grace Novelin Mogelea dari tomata.

      saya blum sempat posting foto2nya, soalnya banyak gambar di kameraku yg rusak…tetau knp stau🙂

      • elbert_bandau :
        hehehe iyo le, ada juga yg bisa dipajang diatas bowet….
        yg dapat “ede” Wandri Rakke dari kodal, yg dapat “ele” Grace Novelin Mogelea dari tomata.
        saya blum sempat posting foto2nya, soalnya banyak gambar di kameraku yg rusak…tetau knp stau

        saya tunggu dang foto-foto lainnya.. mo post di blog ku juga le event ini.. bemana kita tlp mas Nicholas Sarmoli P, beliau tidak gubris..😦

  4. makasih supportnya om, semoga wita mori akan semakin dikenal dunia…
    sukses buat mia mori di kaltim…

  5. Event seperti ini yang nantinya akan memperkenalkan WITA MORI ke dunia luar. Karena Wita Mori banyak keanekaragaman budaya dan alamnya indah. Tapi selama ini Wita Mori belum banyak di kenal karena tidak ada yang memperkenalkan budaya Wita Mori. Semoga kedepannya banyak lahir seniman-seniman muda Wita Mori yang membanggakan Wita Mori.Bravo untuk Wita Mori


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: